Memilih Karyawan Dengan Tepat [2]


Pagi sista and brooh.. Hari masih pagi buta dan saya teringat janji melanjutkan artikel yang kemarin Memilih Karyawan Dengan Tepat. Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sebaiknya kita sebagai pengusaha sudah seharusnya memilih karyawan yang baik guna mensupport kesuksesan di masa datang. Karyawan tersebut harus memiliki karakter Fathonah, Amanah, Sidiq, dan Tabligh atau disingkat FAST. Berikut sedikit ulasannya.

Fathonah. Guys, sangat penting bagi kita memilih seseorang yang cerdas agar usaha atau bisnis kita berkembang dengan baik. Cerdas artinya memiliki skill atau kemampuan yang cukup dalam bidang bisnis yang kita tekuni. Selain skill yang mumpuni, mereka juga harus bisa membantu mencari jalan keluar dari permasalahan yang kita hadapi, bukannya malah menjadi beban. Pepatah barat mengatakan, "The right man on the right job". Lalu Nabi SAW bersabda, "Jika suatu pekerjaan diberikan pada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya".

Amanah. Untuk mendukung majunya usaha dan bisnis, kita harus memiliki karywan yang bisa dipercaya. Mereka adalah orang-orang yang cakap dalam melakasanakan tugas. Mereka adalah orang yang tak mudah berjanji, tapi selalu berusaha keras menepati janji. Orang-orang selalu seiya sekata antara mulut dan perbuatannya. Orang tipe ini biasanya memiliki dedikasi dan rasa pengabdian yang tinggi pada pekerjaannya.

Sidiq. Pilihlah karyawan berkarakter jujur. Hal ini penting agar kita tenang. Tak selalu was was terutama jika kita ingin mendelegasikan masalah keuangan pada karyawan. Saya salah satu pengusaha kecil yang berpengalaman pahit dengan karyawan tak jujur. Memang belum seberapalah kerugian yang saya alami akibat ketidakjujuran karyawan saya. Tapi ini bukan hanya soal angka kerugian. Tetapi tentang kenyamanan pelanggan atau konsumen, hubungan baik antar partner, dan harmonisasi kerja antar orang dalam. Jika semua hal itu terganggu maka bisnis atau usaha kita akan melambat bahkan terancam gagal. So, be carefully guys...

Tabligh. Yang terakhir tentunya kita harus memilih karyawan yang pandai berkomunikasi. Hal ini sangat menentukan loh. Jangan anda sekali-sekali menyepelekan tentang komunikasi. Karena secerdas apapun seseorang, jika komunikasinya tak baik, maka bisa menimbulkan persepsi yang keliru. Kekeliruan yang terakumulasi bisa sangat membahayakan bisnis kita.

Sekarang anda sudah tahu kan, apa yang harus anda lakukan jika usaha anda sedang berkembang dan anda memerlukan seseorang yang mau bekerja bersama anda?

Baca juga artikel saya yang lain:

Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa order jilbabnya di bbm pin:7DE75905



















Rp.60.000,00

Related product you might see:

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Iklan Baris | Top 3 | AT Society | NC
Copyright © 2011. Toko Kirana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger